8 Barang Yang Wajib Dibawa Pendaki Saat Naik Gunung



Saat mendaki gunung, banyak peralatan yang harus dibawa. Seorang pendaki yang professional dengan yang tidak bisa dilihat dari peralatan yang dibawanya. Kali ini admin akan memberikan 8 barang yang wajib dibawa pendaki saat naik gunung. Simak ya…

1.   Tas Gunung

 
Tas Gunung

Kalau yang ini tentunya wajib buat para pendaki. Kapasitas tas bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya jika pendaki seorang leader di dalam kelompok pendaki maka kapasitas tasnya juga lebih besar. Tas gunung ini digunakan untuk menampung semua kebutuhan dasar sepeti pakaian,makanan,minum dll.

Kamu boleh bawa tas biasa tapi alangkah lebih baik kalau bawa tas gunung saja. Nama nya saja tas gunung pasti didesain pas untuk mendaki gunung.

2.   Jaket

 
Jaket Gunung

Kita harus tahu bahwa ketika mendaki gunung maka udara akan semakin dingin, maka dari itu jaket sangat kamu perlukan ketika naik gunung. Ini menghindarkan kamu dari hipotermia yang sangat berbahaya. 

Bawalah jaket yang nyaman dan bisa mempertahankan suhu tubuh tetapi tidak terlalu berat untuk dipakai. Jika jaket yang dipakai terlalu berat, ini bisa membuatmu cepat lelah. Jadi belilah jaket khusus untuk mendaki gunung. 

Kamu bisa membelinya di toko online atau langsung ke toko dikotamu. Tapi saya sarankan online saja karena banyak diskonnya dan biasanya barangnya asli,terlebih jika toko online yang sudah terkenal.

3.   Sendal atau Sepatu Gunung

 
Sepatu Gunung

Medan gunung yang dinamis mengharuskan kamu memakai sendal atau Sepatu yang bersifat dinamis juga. Sendal/Sepatu gunung memiliki kemampuan untuk mensesuaikan medan dinamis gunung. 

Sendal/Sepatu gunung didesain untuk mencengkram lebih kuat agar terhindar dari kecelakaan. Banyak pendaki yang cidera karena mengabaikan untuk memakai sendal/sepatu gunung. Tapi admin sarankan untuk pakai sepatu gunung saja, sendal untuk cadangan.

4.   Jas Hujan
 
Jas Hujan

Ketika naik gunung bisa saja terjadi hujan secara tiba-tiba. Nah jas hujan tentu solusi yang paling tepat. Selain melindungi dari hujan, jas hujan juga bisa jadi tenda/bivak darurat ketika dibutuhkan. Alangkah lebih baik jas hujan model ponco saja.

5.   Sleeping Bag
 
Sleeping Bag


Sebenarnya ini bisa wajib jika kamu berencana menginap di atas gunung. Sleeping Bag bisa menjaga tubuh tetap hangat. 

Udara di atas gunung sangatlah dingin, tenda tidak cukup untuk menahan udara dingin tersebut. Jadi sleeping bag wajib kamu bawa jika berencana untuk menginap diatas gunung.

6.   Matras,sarung tangan,Kaos kaki dan Masker

 
Matras


Matras tentu saja sebagai alas tempat tidur kamu dan sarung tangan,kaos kaki sebagai peralatan pribadi disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Apabila gunung yang kamu daki berpasir maka masker wajib kamu bawa.

Tentunya kamu sudah paham fungsi sarung tangan dan kaos kaki jadi admin tak perlu jelaskan lagi.

7.   Obat-obatan Pribadi atau P3K


 
P3K

Jika kamu punya riwayat penyakit maka kamu wajib bawa obat-obatan/P3K. Terlebih lagi kamu penderita asma. 

Semakin tinggi kamu mendaki gunung maka semakin sedikit oksigen yang ada, dan itu sangat berbahaya bagi penderita Asma. Jadi pastikan selalu membawa obat-obatan pribadi atau P3K.

8.   Alat navigasi

 
Kompas

Bukan tidak mungkin kamu tersesat di gunung. Sudah banyak kasus tersesat digunung dan tidak kembali. Jadi alat navigasi wajib kamu bawa agar kamu tidak tersesat. Pelajari juga cara menggunakan alat navigasi, ini sangat membantu kamu ketika mendaki gunung.

Itulah 8 perlengkapan yang wajib kamu bawa ketika mendaki gunung. Ingat ya ketika mendaki jangan membuang sampah sembarang. Jagalah kelestarian alam digunung.

                                                                ©Jelajah Saya

Post a Comment

0 Comments