5 Tempat Wisata Di Kabupaten Karo Part 2


Kalau yang belum tahu kabupaten karo itu letaknya dimana, kabupaten karo terletak di Sumatera Utara 77 KM dari Medan ibu kota provinsi Sumatera Utara. 

Tahukah Kamu bahwa kabupaten karo merupakan salah satu kabupaten dengan cuaca tersejuk di Indonesia dengan suhu 16-17° C. Kabupaten Karo juga merupakan destinasi wisata yang cukup terkenal di mancanegara, ini terbukti dengan banyaknya turis asing yang datang. 

Inilah 5 Tepat Wisata di Kabupaten Karo yang wajib kamu kunjungi

1. Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba
Danau ini merupakan suatu keajaiban karena berlokasi di atas dataran tinggi lebih kurang 800 m dari permukaan laut yang merupakan asset nasional menduduki rangking ke 2 (dua) sebagai danau terbesar di dunia dan memiliki keindahan alam yang sulit mencari tandinganya. 

Danau tersebut dikelilingi oleh bukit yang ditumbuhi hutan pinus dan air berwarna biru. Dari Desa Tongging dapat dilakukan perjalanan danau ke Parapat. Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km dan dapat menggunakan kendaraan ukuran kecil dan besar.

2. Air Terjun Sipiso-piso
sipiso piso
Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun ini mempunyai ketinggian jatuh 120 m dan dilatarbelakangi panorama indah Danau Toba, bukit-bukit, bentangan Pulau Samosir berwarna biru, pematang sawah dan ladang. Jarak dari kota Berastagi ke obyek wisata ini 35 Km dan dapat menggunakan bus ukuran kecil dan besar.

Objek wisata ini berada di Kecamatan Merek, berada cukup dekat dengan objek wisata lainnya (seperti Tongging dan Danau Toba), sehingga berpotensi dikembangkan sebagai suatu kawasan wisata (khususnya wisata alam).

3.Air Terjun Sikulikap
 
Air Terjun Sikulikap
Air Terjun Sikulikap

Air Terjun ini mempunyai ketinggian jatuh 30 m dan jarak dari monumen Berastagi ke obyek wisata ini lebih kurang 11 Km. Dikelilingi hutan tropis tempat Gibon bergantungan yang kadangkala berteriak bersahut-sahutan dan di sekitar lokasi ini terdapat bajing, burung gagak, phyton dan kupu-kupu berwarna-warni. 

Disepanjang jalan objek wisata ini dapat dinikmati jagung bakar dan rebus. Untuk sampai ketempat ini dapat menggunakan bus besar atau kecil menuju Medan atau Berastagi dan menuruni tangga dari jalan pada perbatasan Karo-Deli Serdang.

4. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak
Gunung Sibayak
Gunung Berapi Sibayak dalam keadaaan aktif berlokasi di atas ketinggian 2.172 m dari permukaan laut. Pendakiannya melewati hutan belantara tropis dan tebing yang penuh tantangan serta di puncak gunung terdapat hamparan dataran tempat berkemah. 

Dari puncak gunung terlihat kawah yang masih aktif mengeluarkan magma dan pemandangan yang indah dan menawan. Jarak dari Kota Berastagi ke tempat awal pendakian dari Desa Jaranguda 1,5 Km dari Desa Raja Berneh 15 Km. Lama pendakian diperkirakan lebih kurang 2 sampai dengan 3 jam.

5. Gua Liang Dahar
 
Gua Liang Dahar
Gua Liang Dahar
Gua Liang Dahar mempunyai 3 ruang besar dengan ukuran masing–masing 500 m², 400 m² dan 300 m², serta ruang ukuran kecil lainnya. 

Di dalam gua terdapat mata air yang mengalir melalui terowongan kecil ke Desa Bekerah dan diatas dinding gua terdapat sarang burung layang–layang dan kalong. 

Jarak dari Kota Berastagi ke obyek wisata ini 40 Km, sampai ke Desa Lau Buluh dapat menggunakan kenderaan roda empat dan selanjutnya berjalan kaki lebih kurang 30 menit.
                                                               ©Jelajah Saya


Post a Comment

0 Comments