4 Tips Menyisihkan Uang Untuk Liburan Kamu


Liburan adalah hal yang ditunggu-tunggu banyak orang termasuk admin. Tapi saat hari libur tiba, sebagian kita malah tidak punya uang untuk berangkat Liburan. Tapi tenang saja di sini admin akan bagi 4 tips untuk menyisihkan gaji kamu atau jajan kamu untuk bisa berangkat Liburan. Simak ya..

 

    1.   Buat Skala Prioritas

Yang ini udah dibahas dimana-mana tapi kali ini karena prioritasnya untuk Liburan maka saat membuat daftar prioritas kamu harus meletakkan kata “Liburan” setelah kata “kebutuhan Pokok”. Dalam skala prioritas kebutuhan pokok tetap nomor satu. Contohnya, kamu memiliki gaji pokok Rp.1.500.000

 

No

Prioritas

Pengeluaran

Ket

1

Makan

Rp. 1.000.000

2

Operasional Kerja (cth :bensin)

Rp.    300.000

3

LIBURAN !!!

Rp.    200.000

Jumlah

Rp. 1.500.000


Tabel di atas hanya contoh saja. Bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu juga gaji pokok kamu.


     2.   Mulai Menabung dengan Uang sisa

Kamu belanja di supermarket dan dapat kembalian receh, nah receh ini yang admin sebut uang sisa. Jangan sepele dengan uang receh. 

Kita ibaratkan saja kamu dapat kembalian Rp. 500 maka jika kamu 10 kali belanja 500 x 10 = Rp.5000 cukup buat beli snack. Dari manapun kamu dapat receh, segera kamu tabungkan.

Kenapa nabung dengan uang receh kalau udah buat skala prioritas ? alasannya sederhana, uang receh ini bisa menambah pemasukan kamu. Pembayaran tiket, hotel, atau sewa penginapan bisa ditambahi dengan uang receh ini. Ingat jangan sepele dengan uang receh ini.


     3.   Batasi Pengeluaran Pergaulan Kamu

“Udah gajian nih, Makan yuk”. Kalo kamu tipe orang yang seperti itu,kamu gak bakal bisa Liburan. Pandai-pandai lah mengatur uang kamu. Kalau bisa hindari tempat-tempat yang bisa memicu Kamu mengeluarkan uang. 

Contohnya Mall, Café bahkan pasar tradisional. Jika bisa, tolaklah ajakan teman yang tidak masuk skala prioritasmu. Misalnya nonton film di bioskop, makan di restoran mahal dan lain-lain.

Kalau mau Liburan harus ada usaha yang ekstra ya. Apalagi jika tujuan Liburan kamu ke tempat yang biayanya ekstra juga.

 

     4.   Tetap konsisten menjalankan 3 Tips di atas

Ini yang paling penting untuk kamu jalankan. Jika tidak konsisten, maka 3 tips diatas tidak berguna. Berusahalah untuk tetap konsisten walaupun godaannya besar banget buat kamu hadapi. Ingat ya, konsisten adalah kuncinya.


Itulah 4 tips agar kamu punya uang saat Liburan tiba.

Jika hari libur tiba kamu sudah tidak pusing-pusing memikirkan uang lagi. 

©Jelajah Saya

 

Note :
Pesan tiket online bisa menghemat pengeluaran kamu. Alasannya pesan online banyak memberikan diskon atau bonus. Salah satunya di Tiket.com  Disini kamu bisa pesan tiket pesawat,kereta api, juga hotel dan penginapan.

Post a Comment

0 Comments